Jumat, 05 April 2013

Pengertian Public Relations


 Pengertian Public Relation dalam beberapa ahli yaitu: 
  • Public Relations (PR) adalah sebuah ilmu yang cabang keilmuannya berasal dari ilmu komunikasi. Sebagai suatu cabang keilmuan maka PR bukan sekadar isu semata tetapi mempunyai dasar berpikir yang dapat dijelaskan dan dipertanggung jawabkan melalui metode logika tertentu layaknya pengujian terhadap cabang keilmuan lainnya.
  • Citra adalah obyek dari PR  yang telah menjadi kebutuhan dari institusi layaknya sumber daya yang telah ada seperti sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya peralatan bahkan sumber daya pengetahuan.
  • Mitra adalah subyek dari PR disamping institusi itu sendiri. Mitra adalah bagian dari operasi sebuah institusi, tanpa mitra sebuah institusi tidak dapat berjalan.
  • Kepentingan bersama adalah apa yang hendak dicari oleh II (dua) institusi dalam koneksi satu dengan yang lain. Contoh yang nyata pembeli dan penjual mempunyai tujuan bersama yaitu tercapai kesepakatan untuk melakukan transaksi jual beli.
(Sukatendel 1990 dalam buku Ardianto)

Public Relations menurut definisi yang dirumuskan oleh praktek humas yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan (terus-menerus) dalam rangka menciptakan dan mempertahankan niat baik (goodwill), serta sikap-sikap yang saling pengertian yang bersifat timbal balik (Mutual Understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan segenap khalayaknya” 

(Frank Jefkins, 1996 halaman 8)

PR sebagai fungsi komunikasi, perlu dipahami bahwa kegiatan utama PR adalah melakukan komunikasi. PR sebagai fungsi staff khusus yang melayanani para pemimpin organisasi, khususnya dalam membantu organisasi berkomunikasi dengan publik-publiknya. Public. Dikemukakan bahwa fungsi PR meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi.
2. Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.
3. Melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum.
4. Membina hubungan secara harmonis antara organisasi dengan publik, baik internal maupun eksternal.

Dari kesimpulan diatas tentang pengertian Public Relation dalam bebrbagai ahli bahwa Public Relation adalah hubungan antara satu individu ke suatu kelompok atau kumpulan-kumpulan orang yang berkomunikasi mempunyai tujuan khusus untuk mensejahterakan perusahaan atau instans-instansi tertentu. Hal yang paling disarankan oleh Public Relation adalah bagaimana kita bisa berhubungan baik atau berkomunikasi dengan baik terjadi kedua belah pihak. Dan mengapa saya memilih jurusan Public Relation adalah karena didunia era globalisasi seperti sekarang ini seorang Public relation sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan-perusahaan yang tersedia dari perusahaan yang baru berkembang sampai perusahaan terkenal di seluruh dunia. Maka seorang Public Relations yang professional adalah bagaimna dia menjaga sebuah citra yang baik di dalam perusahaan yang sedang digeluti dan menjaga image dikalangan media massa.

1 komentar: